SEMANGAT BELAJAR: Makalah Uraian pendahuluan Pada Makalah, skripsi dan Tesis | Tehnik menulis BAB 1 PENDAHULUAN

Pages

Friday 10 April 2020

Makalah Uraian pendahuluan Pada Makalah, skripsi dan Tesis | Tehnik menulis BAB 1 PENDAHULUAN


BAB
PENDAHULUAN


A. Latar Belakang

Semangat belajar- Pada setiap karya ilmiah yang kita jumpai baik di tempat formal seperti perpustakaan maupun di non formal yaitu media sosial yang kita akses. Kita akan mendapati disana, penulisan karya tulis ilmiah pada sistematika penulisan wajib disajikan secara terstruktur, Mengapa demikian?.

Sistematika penulisan dalam karya ilmiah berbeda dengan karya tulis lainnya. Di dalam karya ilmiah sistematika yang dibutuhkan jauh lebih kompleks atau dituntut dengan runtut dan urut sesuai dengan prosedur atau persyaratan yang di wajibkan. Hal ini dilakukan karena, karya ilmiah adalah sebuah karya tulis yang digunakan untuk melaporkan sebuah aktifitas ilmiah yang dilakukan atau akan dilakukan oleh seseorang atau beberapa orang dalam upaya menyajikan penelitian dalam sebuah karya ilmiah. 

Oleh karenanya, menyajikan sebuah karya ilmiah yang efektif tentu membutuhkan prosedur yang memadai. Guna menghasilkan pemahaman yang baik bagi para  pembacanya. Apalagi bacaan tersebut disajikan untuk para ahli atau pakar atau yang bergelut dibidang ilmiah penelitian dan lainnya. Tentu sangat membutuhkan pemahaman yang baik dan runtut dalam melaporkan peristiwa atau hal apapun itu selama proses penelitian. 

Dari uraian  yang ada diatas maka dapat kita pahami bahwa Membahasa laporan penelitian, maka akan membahas pula prosedur penulisan. Oleh karena itu, pada makalah ini akan menyajikan sebuah prosedur penulisan karya ilmiah yang berkaitan dengan prosedur pertama penulisan dalam karya ilmiah yaitu BAB PENDAHULUAN. 

Pada bab tersebut penulis atau pelapor dituntut harus lebih teliti dan selektif dalam upaya menyajikan laporannya. karena pada bab ini memiliki peranan yang sangat besar dalam menentukan layak atau tidaknya laporan di buat.

Oleh karena itu, para peneliti yang hendak membuat karya ilmiah mereka dituntut untuk cermat pada bagian tersebut. Guna mendapatkan gambaran laporan yang baik untuk disajikan kepada para pembacanya. Maka Berikut ini adalah hal apa saja yang harus disajikan dalam BAB PENDAHULUAN.

B. Rumusan Masalah

Sebelum menyajikan sebuah karya ilmiah, maka kita harus mengetahui permasalahan atau arah berfikir secara mendalam mengenai hal yang membuat sebuah wacana itu tibul dan harus disajikan oleh si penulis kepada para pembaca mengenai penting tidaknya penelitian yang akan atau sudah dilakukan. Maka berikut adalah permasalahan-permasalahan yang timbul dalam membuat serangkaian laporan ini:
1. Apa yang dimaksud dalam laporan Pendahuluan?
2. Apa faedah dari penulisan laporan Pendahuluan?
3. Apa saja yang ditulis pada laporan pendahuluan?

C. Tujuan Penelitian

Pada laporan ilmiah berikut dibuat bertujuan untuk mengetahui hal apa saja yang akan disajikan dalam makalah ini yaitu memahami secara mendalam tentang maksud dari bab pendahuluan, manfaat penyusunan bab pendahuluan, serta sistematika penulisannya dalam laporan tersebut.



BAB 
PEMBAHASAN

1. Laporan pendahuluan

Merupakan sebuah penulisan yang ditunjukan untuk melaporkan hal apa saja yang dapat menggambarkan isi dari laporan tersebut. Laporan pendahuluan sangat penting dalam menulis sajian penelitian. Hal itu karena di bab pendahuluan memiliki gambaran awal dari dimulainya alasan laporan itu dibuat. Seperti misalnya sebuah bangunan suatu gedung pencakar langit atau gedung lainnya. Tentu sangat membutuhkan skema bangunan dalam merancang gedung-gedung tersebut sebagai upaya awal dalam merancang proses pembangunan gedung yang akan berlangsung, berikut pula alat dan bahan yang dibutuhkan. Tentu saja merancang bukanlah pekerjaan yang mudah.  Karena dalam kegiatan merancangan sangat dibutuhkan kefokusan dan kehati-hatian. Karena jika terjadi kesalahan diawal saat merancang, maka tentu akan mengasilkan suatu produk atau output yang tidak maksimal dan Begitu pula sebaliknya.

Oleh karena itu, dalam laporan pendahuluan hal yang dibutuhkan adalah mencari referensi sebanyak-banyaknya guna memperdalam pembahasan dan memperluas wawasan. Sehingga peneliti yang notabene sebagai penulis pun bisa menarik banyak sudut pandang yang baik dan mendalam diberbagai segi. Sebagai upaya memantabkan wacana kepada para pembacanya bahwa laporan yang dibuat dan diadakan adalah laporan yang penting dipahami oleh para pembaca.


2. Faedah Penulisan Laporan Pendahuluan

Faedah atau biasa disebut manfaat adalah hal yang di tunjukkan pada suatu kegunaan secara psikis dan psikomatis. Dimana kegunaan ini memberi pada pemahaman sosial mengenai suatu hal yang berdampak baik dalam pelaksanaannya. Pada setiap hal yang dilakukan oleh peneliti tentunya memiliki dampak yang baik dalam membantu peran sosial dalam diri pembacanya. Namun kebanyakan dalam pelaporan yang kurang kurang baik. Memberikan stigma yang berbeda antara apa yang menjadi tujuan penulis dengan pemahaman pembaca. Oleh karena itu penyajian laporan pendahuluan sangatlah penting sebagai langkah awal dalam membangun dan menarik minat baca para pembaca.

Dalam laporan pendahuluan sangat memiliki dampak awal yang baik oleh para pembaca dan pula keuntungan yang positif bagi penulis. Hal ini karena, dalam laporan pendahuluan memiliki peran yang signifikan dalam membangun asumsi yang baik serta positif oleh para pembacanya. Seperti uraian yang disampaikan sebelumnya. Tentu dalam poin ini sangat tidak mudah karena penulis dituntut untuk mahir dalam menyeleksi dan mengolah kata-kata. Akan tetapi jika poin ini mampu dilaksankan, maka mungkin tidak mungkin para pembaca akan sangat antusias menyelesaikan bacaannya untuk lebih tahu karya penulisan yang sedang mereka baca.
Olehkarena itu sangat penting laporan pendahuluan dibuat. Karena memiliki manfaat yang baik dan menguntungkan bagi pembaca umumnya dan bagi penulis khususnya.


3. Struktur penulisan Laporan Pendahuluan

Dari penjelasan dua poin penting diatas. Maka akan dipahami bahwa, dampak dari tujuan dan manfaat penulisan laporan pendahuluan akan sejalan dengan proses yang harus dilalui dan dilaksankan oleh para penulis laporan. Semakin baik proses yang akan atau sudah dilalui oleh para peneliti dalam menulis laporan. Maka akan semakin baik laporan yang dibuat, dengan diiringi prosedur sistematika penulisan yang epik.
Maka membahas tentang prosedur penulisan pendahuluan. Berikut ini adalah masing-masing sistematika penulisan laporan yang digunakan sesuai dengan kebutuhan dan kegunaannya :

a. Sistematika Laporan Pendahuluan untuk Makalah
1. Latar belakang
2. Rumusan Masalah
3. Tujuan Permasalahan

b. Sistematika Laporan Pendahuluan untuk Skripsi
1. Latar belakang
2. Rumusan masalah
3. Tujuan penelitian
4. Manfaat penelitian
5. Kajian Pustaka
- kerangka teori
- kerangka pikir
- hipotesis

c.Sistematika Laporan Pendahuluan untuk Tesis
1. Latar Belakang
2. Tujuan
3. Tata cara

Dari masing sistematika penulisan berdasarkan kebutuhannya diatas, diketahui bahwa masing-masing kebutuhan laporan memiliki sistematika penulisan yang berbeda-beda. Hal ini sesuai dengan kegunaan dan fungsinya.

Namun dari uraian sistematika diatas dalam sub masing-masing bidang laporan memiliki persamaan dan perbedaan. Hal ini dikarenakan masing-masing sekolah, kampus atau lembaga memiliki aturan berbeda-beda. sesuai dengan kebutuhan dan ketentuan dari sistematika yang dibutuhkan dimasing-masing instansi tersebut. Sehingha penyusunan laporan di.asing-masing instansi atau lembaga tidak mutlak sama.


BAB
KESIMPULAN

laporan pendahuluan adalah hal penting yang harus di cantumkan dalam sebuah laporan. Karena laporan penelitian adalah bagian yang paling vital guna mendapatkan asumsi positif dari para pembaca sebagai langkah awal penyajian.

Oleh karenanya laporan pendahuluan memiliki sistematika penulisan Yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhannya. Hal itu dikarenakan, setiap laporan memiliki kegunaan yang berbeda pula seperti laporan ilmiah yang berbentuk makalah, skripsi, maupun tesis.




DAFTAR PUSTAKA

Latar Belakang Tesis UNISSULA diakses tanggal 11 April 2020 pada jam 08.00 dilink:
https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http://mte.unissula.ac.id/mte/wp-content/uploads/2017/09/Panduan-Tesis-MTE.pdf&ved=2ahUKEwiZ5sTAi9_oAhVVWH0KHX3_CbIQFjABegQIDBAG&usg=AOvVaw2x4WI2pT1F--celM-ZpxVa&cshid=1586564076527

BAB 1 PENDAHULUAN PEMBAHASAN diakses tanggal 11 April 2020 pada jam 07.00 dilink:
https://adoc.tips/bab-i-pendahuluan-pembahasan-dalam-tesis-ini-diawali-dengan-.html

BAB 1 PENDAHULUAN PEMBAHASAN oleh Indri Handayani diakses tanggal 11 April 2020 pada jam 07.15 dilinur
https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://indri8.ilearning.me/bab-i-pendahuluan/&ved=2ahUKEwjxrOnRlt_oAhUZfSsKHaiaCasQFjANegQIBhAB&usg=AOvVaw2ja_PP04yfiLFn9UIevfnH

No comments:

Post a Comment

Jika ada pertanyaan dan beberapa permasalahan yang berkaitan dengan artikel. Langsung saja kalian tulis di contak comment yang kami sediakan atau click post a comment dan jangan lupa untuk Berkomentar yang baik 🙂