SEMANGAT BELAJAR: ALIRAN –ALIRAN DALAM FILSAFAT (RESUME),

Thursday 28 September 2017

ALIRAN –ALIRAN DALAM FILSAFAT (RESUME),

semangatbelajar- kali ini akan membagikan tugas resume mengenai aliran-aliran filsadat. semoga resume ini bermanfaat untuk belajarkalian. jangan  lupa jika kalian ingin menggunakan resume ini sebagai referensi, maka cantumkan juga Linknya ya..

 Resume 1
1.Rasionalisme
 Rasionalisme adalah Aliran pengetahuan yang ditentukan melalui pembuktia logika atau akal dan analisis berdasarkan fakta-fakta yang ada.
2.Empirisme
  Empiris adalah Aliran pengtahuan manusia yang diperoleh melalui pengalaman indra, selanjutnya kesan-kesan terkumpul dalam diri manusia sehingga menjadi sebuah pengalaman.
3.Intuisionisme
                Intuisionisme adalah Aliran pengetahuan untuk menangkap atau mengetahui objek  secara langsung karena akal hanya memahami suatu objek biala ia mengonsentrasikan pada objek itu.
4.Kritisisme
Kritisisme adalah Aliran pengetahuan yang berfikir kritis yang berusaha  menjawab persoalan yang menekankan pada hakikat pengetahuan

5.Positivisme
Positivisme adalah Aliran Pengetahuan sebuah peristiwa-peristiwa yang positif berdasarkan fakta-fakta yang dapat memberikan semacam asumsi kemasa depan.
6.Eksistensialisme
               Eksistensialisme adalah Aliran pengetahuan yang pahamnya berpusat pada manusia individu yang bertanggungjawab atas kemauannya yang bebas tanpa memikirkan secara mendalam mana yang benar dan mana yang tidak benar .
7.Fenomenalogi
                Fenomenalogi adalah gejala yang tidak perlu diamati oleh indra , bahwa keyakinan dapat dicapai melalui mengamati gejala yang ada dan tidak harus berupa kejedian-kejadian.
8. Hermeneutik
                 Hermeneutik adalah aliran pengatahuan sebagai teori interprestasi dan penafsiran sebuah naskah melalui percobaan.
9. Pragmatisme

                 Pragmatisme adalah Aliran pengetahuan yang mengajarkan untuk memahami masalah itu baru dianggap benar, bila nanti masalah itu di pecahkan  dapat dilaksanakan melalui perbuatan.






Resume 2

TUGAS MANDIRI MATA KULIAH FILSAFAT UMUM TENTANG ALIRAN-ALIRAN DALAM FILSAFAT

1.      RASIONALISME
Rasionalisme adalah faham filsafat yang mengatakan bahwa akal (reason) adalah alat terpenting untuk memperoleh pengetahuan. Menurut aliran ini suatu pengetahuan yang di peroleh haruslah dengan cara berpikir.
Pengertian rasionalisme atau gerakan rasionalis adalah doktrin filsafat yang menyatakan bahwa kbenaran ditentukan melalui pembuktian, logika, dan analisis yang berdasarkan fakta.

2.      EMPIRISME
Secara epistimologi istilah empirisme berasl dri kata Yunani yaitu emperia yang artinya pengalaman. Empirisme memilih pengalaman sebagai sumber utama pengenalan, baik pengalaman lahiriyah maupun pengalaman batiniyah.
Empirisme adalah aliran filsuf yang menekankan peranan pengalaman dalam memperoleh pengetahuan serta pengetahuan itu sendiri dan mengecilkan peranan akal. Akal bukanlah sumber pengetahuan, akan tetapi akal berfungsi mengolah data-data yang di peroleh dari pengalaman.

3.      KRITISISME
Kritisisme adalah filsafat yang melalui perjalanan terlebih dahulu, menyelediki kemampuan rasio dan batas-batasnya. Filsafat kritisisme dalah faham yang mengkritik terhadap faham rasionalisme dan faham empirisme, yang mana kedua faham tersebut berlawanan.
  
4.      POSITIVISME
Positivisme menyatakan bahwa indera itu sangat penting dalam memperoleh pengetahuan, akan tetapi harus di pertajam dengan alat bantu dan di perkuat dengan eksperimen. Kekeliruan indera dapat dikoreksi melalui eksperimen. Eksperimen memerlukan ukuran-ukuran yang jelas dan sistematik, misal nya panas di ukur dengan alat pengukur panas, jauh di ukur dengan meteran, berat di ukur dengan kiloan dan sebagainya. Jadi positivisme dalah faham filsafat yang menekankan pada hal-hal yang sifatnya positiv atau nyata
.
5.      INTUISIONISME
Intuisionisme adalah sistem etika yang tidak mengukur baik atau buruknya suatu perbuatan berdasarkan hasilnya tetapi berdasarkan niat dalam melaksanakan perbuatan tersebut. Kata intuisionisme berasal dari bahasa inggris yaitu intution yang artinya gerak hati. Maksutnya adalah bahwa manusia memiliki gerah hati atau disebut hati nurani. Gerak hati mampu membuat manusia melihat secara langsung benar atau salah, jahat atau baik suatu perkara. Yakni intuisionisme adalah faham filsafat yang menekankan pada hati, qolbu atau perasaan.

6.      PRAGMATISME
Menurut kamus ilmiah populer, pragmatisme adalah aliran filsafat yang menekankan pengamatan penyelidikan dengan eksperimen, serta kebenaran yang mempunyai akibat-akibat yang memuaskan. Pragmatisme berasal dari bahasa Yunani “pragma” yang berarti perbuatan (action) atau tindakan (practice). Isme sendiri berarti ajaran atau faham. Dengan demikian pragmatisme berarti ujian yang menekankan bahwa pemikiran itu menuruti tindakan.

7.      EXSISTENSIALISME
Definisi exsistensialisme berasl dari kata dasar eksistensi adalah exist yang berasal dari bahasa Latin ex yang berartu keluar dan sintence yang berarti berdiri. Jadi eksistensi adalah berdiri dengan keluar dari diri sendiri. Artinya dengan keluar dari dirinya sendiri, manusia sadar tentang dirinya sendiri. Ia berdiri sebagai aku atau pribadi. 
              8.      FENOMENOLOGI
              Fenomenologi adalah ilmu yang berorientasi untuk mendapatkan penjelasan 
              tentang realitas yang tampak. Fenomenologi memanfaatkan pengalaman intuitif 
             atas fenomena, sesuatu yang hadir dalam refleksi fenomenologis. Sebagai titik awal 
             untuk mendapatkan fitur hakekat dari pengalaman dan hakekat dari apa yang kita 
             alami. Secara harfiah fenomenologi fenonenalisme adalah aliran atau faham yang 
             menganggap bahwa gejala adalah sumber pengetahuan dan kebenaran.

             9.      HERMENEUTIK
              Hermeneutik adalah  memahami dan menguasai, sehingga dapat di harapkan adalah              bahwa pembaca lebih memahami dari pengarang dari pada pengarangnya sendiri 
            dan juga lebih memahami karyanya dari pada pengarang.  Hermeneutik termasuk   
          cabang filsafat dengan adanya perubahan. Jadi hermeneutik adalah faham filsafat                     yang menjelaskan sebab akibat tentang cara penafsiran.

No comments: