SEMANGAT BELAJAR: PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL

Friday 25 August 2017

PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL



BAB I
PENDAHULUAN


A.   LATAR BELAKANG

Proses pembelajaran dalam pendidikan selalu berkaitan dengan media pendidikan. Sebuah pembelajaran yang menarik dan mudah diterima oleh seorang anak murid terhadap pembelajaran,  merupakan bagian dari fungsi media. Media bagian dari proses pembelajaran yang digunakan sebagai sarana penunjang belajar, meliputi berbagai komponen-komponen yang dibutuhkan dan digunakan dalam belajar seperti buku tulis, papan tulis, meja dan lain-lain.Media seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.
 Bagian dari metode guru dalam mengajar materi yang diberikan kepada anak murid supaya lebih efektif, terperinci, dan mudah dipahami sehingga pembelajaran menjadi lebih aktif dan kreatif. Adapun jenis media, terdiri dalam bentuk penggunaan sehari-hari yaitu yang berdasarkan kebutuhan penggunaan indera penglihatan menggunakan media visual, indera pendengaran dengan media audio dan penggunaan dalam penglihatan dan pendengaran yaitu media audio visual. Macam-macam dari media tersebut di berikan dengan tujuan yang sama yaitu sebagai penunjang belajar dan berbeda dalam penggunaanya.
Kaitannya dalam hal ini, pemahaman perkembangan media dalam sistem pembelajaran merupakan bagian dari kebutuhan siswa terhadap materi pembelajaran. Dimana perkembangan media selalu berkaitan erat dengan mudah tidaknya materi pembelajaran dapat dicerna dan dipahami oleh peserta didik.

  

B.       RUMUSAN  MASALAH

1.         Apa yang dimaksud dengan Media Audio Visual ?
2.         Bagaimana Perkembangan Media Audio Visual dalam Pendidikan?
3.         Komponen apa saja yang menjadi bagian dari Pendidikan dalam Penerapan Media Audio Visual?

C.      TUJUAN MASALAH

1.         Mahasiswa dapat memahami apa yang dimaksud dengan Media Audiovisual.
2.         Mahasiswa mengetahui perkembangan media Audio Visual dalam pedidikan.
3.         Mahasiswa mampu menanalisis komponen apa saja yang menjadi bagian dari media Audio Visual dalam pembelajaran.



BAB II
PEMBAHASAN


A. PERKEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL

1.  Pengertian dan Perkembangan Media
Dalam perkembangan proses pendidikan. Peran seorang pendidik menjadi sangat berpengaruh dalam kemajuan pembelajaran. Seorang pendidik atau yang biasa disebut guru, merupakan salah satu sarana pendidikan yang sangat pokok menjadi bagian dari media pembelajaran. Bukan  hanya itu saja, guru merupakan manifestasi adanya murid dalam pengadaan suatu pembelajaran yang tersistem. Adanya guru merupakan suatu bentuk adanya murid dan begitupun sebaliknya. Maka seorang guru menjadi bagian dari media murid dalam mendapatkan ilmu pengetahuan.
Dari penjabaran contoh kecil diatas maka diartikan oleh Santoso S. Hamijoyo bahwa media merupakan “semua bentuk perantara sebagai penyebar informasi (ide dan gagasan) sampai pada sipenerima”.
Memilik pernyataan tersebut, maka peran seorang guru yang mengajar didepan kelas dan memberikan ilmunya kepada murid merupakan bagian dari komponen media. Bukan hanya objek itu saja, namun masih banyak komponen media yang dapat kita temui dalam kebutuhan proses belajar mengajar seperti dalam praktek ataupun observasi langsung pada objek yang dikaji merupakan bagian dari media.
Maka dari pengertian media yang telah disebutkan, akan menjadi suatu masalah apabila media yang di ajarkan kepada peserta didik tidak sesuai dengan kajian materi yang disampaikan mengingat dalam pengertian tersebut media merupakan keseluruhan penunjang proses pembelajaran. Maka dalam hal itu pula yang kemudian membedakan media untuk terbagi menjadi tiga penggunaan berdasarkan kepentingan, fungsi serta kegunaannya. Adapun dapat disebutkan dari tiga media ini yaitu media visual, audio, dan audio visual. Perbedaan dari ketiga ini sangat berpengaruh dalam proses pembelajarannya karena komponen alat-alat yang dibutuhkanpun berbeda satu dengan yang lain sesuai dengan tingkat kebutuhan pendidik dan para peserta didik.
Agar tidak keliru dalam mengartikan media dan alat. Media merupakan keseluruhan pembentuk komponen-komponen yang dibutuhkan dalam belajar. Sedang alat merupakan bagian dari komponen-komponen   pembentuk media. Alat yang digunakan dalam pegajaran meerupakan komponen pembeda satu media dengan yang lainnya.
Pada pembahasan ini yang akan mengkaji tentang Perkembangan Media Audio visual. Sehingga dalam penggunaannya mampu dibedakan antara satu media dengan media yang lainnya.

2.    Pengertian Media Audio Visual

Kemajuan pembelajaran di jaman ini, mengharuskan kita menemukan cara baru dalam menyesuaikan dan mengembangakan cara-cara penyampaian pelajaran, penerangan dan penyuluhan yang lebih intensif dan efektif. Begitu pula dalam perkembangan media Audio visual, tentu mengikuti perubahan dalam penyesuaian penggunaan alat media belajar di saat ini.
Penggunaan berbagai alat media Audio visual merupakan penggunaan dalam media pembelajaran yang dibutuhkan dalam sarana belajar mengajar dengan sistem mendengar dan melihat suatu obyek pelajaran secara langsung atupun sebagai syarat objek, dalam membentuk pemahaman dan penguasaan materi. Cara ini merupakan suatu bagian dari pecapaian hasil yang jauh lebih besar dalam waktu yang lebih singkat serta membuat komunikasi merangsang dan menyenangkan.
Pembelajaran menggunakan alat-alat media audio visual dimulai pada pelatihan angkatan perang Amerika Serikat. Dimana diwaktu perang ini terbukti pula, bahwa selain gambar, rekaman suara dan berbagai proyektor sanggup meningkatkan efisiensi pengajaran anatara 25% sampai 50%. Oleh karenanya penggunaan alat ini sebagai tak dapat terpisahkan dalam proses pendidikan.
Melihat kegunaan dari alat-alat audio visual yang “audible” yaitu dapat didengar atau dirasakan, dan “visible” yaitu dapat dilihat. Perlu diketahui bahwa alat-alat media audio-visual merupakan alat yang dapat menghasilkan suara dan rupa dalam satu unit.


"Baca Pula STRATEGI PEMILIHAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (PENGERTIAN DAN RUANGLINGKUPNYA) "


3.    Komponen-Komponen Media Audio Visual

Pada penjabarn tentang pengertian media maka, berikut ini merupakan bagian dari perkembangan alat-alat dan sarana pendidikan masa kini yang  digunakan dalam membantu keberhasilan dalam proses pencapaian tujuan pendidikan melalui media audio visual yaitu :
a.    Kombinasi Slide dan Suara
Gabungan slide (film bingkai) dengan tape audio adalah jenis sistem multimedia yang paling mudah untuk dibuat. Sitem multimedia ini serba guna, mudah digunakan, dan cukup efektif dalam pembelajaran kelompok atau perorang dan mandiri. Gambar-gambar yang disajikan mendorong respon emosional karena setiap slide akan memiliki tayangan gambar dan narasi yang membawa cepat paham peserta didik.
b.      Film Bersuara
Film bersuara atau yang paling dikenal dengan vidio. dizaman dulu biasanya digunakan untuk hiburan seperti film komersial yang diputar di bioskop-bioskop. Namun dengan perkembangan  zaman, maka banyak sistem pengajaran yang menggunakan media ini salah satunya sebagai pemutaran film yang bertajuk sejarah sebagai bagian dari mata pelajaran pendidikan atau pemutaran film dokumen penelitian hasil penemuan dalam bidang biologi, dll.
c.       Komputer atau Laptop atau Notebook
Sudah tidak asing apabila mendengar beberapa nama ini.  Komputer atau laptop ataupun nootboke, merupakan salah satu alat yang masuk dalam media audio visual. Bukan hanya sebagai media audio visual saja, namun juga melingkupi segala media audio dan visual. Kemampuan alat yang satu ini dalam meproduksi berbagai bentuk fungsi media menjadikan bagian dari media intruksional.
Adapun komputer bagian dari media intruksional karena dalam penyampaian dan peggunaan media ini, berpusat dan tergantung  pada isi intruksi dan metode yang disampaiakan dalam suatu sistem yaitu tentang  kemana dan bagaimana pembelajaran akan berlangsung serta  tujuannya dari pembelajaran tersebut.
Namun dalam hal itu, mengetahui komputer merupakan alat  media yang serba guna maka alat ini merupakan komponen dari perkembangan media audio visual. 
Kemajuan kemampuan komputer untuk secara cepat berinteraksi dengan peserta didik, menyimpan dan memproses sejumlah informasi, dan bergabung dengan media lain untuk menampilkan serangkain besar stimulasi audio visual, menjadikan komputer media yang dominan dalam bidang pembelajaran.
d.      Demonstrasi dan Widiawisata
Media audio visual bukan hanya menyangkut kepada alat-alat ataupun alat peraga pada proses pembelajaran akan tetapi juga menyangkut berbagai komponen yang dapat mengantarkan informasi pada materi kependidikan. 





Demontrasi dan widiawisata termasuk dalam bentuk mengajar yang sudah tua. Dimana seorang peserta didik mengetahui objek pembelajaran secara langsung dari kajiannya dilapangan atau alam terbuka. Media ini, biasanya dilakuhkan sebagai bentuk memberikan pemahaman kepada peserta didik secara mendasar tentang objek yang dimaksud sehingga mengurangi kesalah pahaman dalam mengartikan suatu bentuk objek.
Dalam kajian ini memang tidak membicarakan alat-alat audio visual secara langsung, namun pada masalahnya sarana ini tidak terlepas dari alat-alat audio visual. Adakalanya benda-benda yang  akan dipelajari tidak dapat dibawa ke ruang belajar, melainkan harus didatangi ketempatnya. Pada contohnya pengamatan  proses pendidikan islam disekolahan, maka membutuhkan observasi secara langsung dan melihat proses pembelajaran yang digunakan disana. Untuk itu mengapa adanya perjalanan yang disebut widiawisata. Dalam hal ini widiawiasata bukanlah piknik untuk melewatkan hari libur,  melainkan sesuatu perjalanan yang direncanakan dimana menyelidiki dan mengmati secara langsung hal-hal yang ingin diketahui.



BAB III
PENUTUP


A.  KESIMPULAN

Beberapa macam komponen yang telah disebutkan sebelumnya merupakan bagian dari media audio visual yang dapat dengan mudah ditemui disaat ini. Pembelajaran menggunakan media audio visual sering dijumpai dalam lingkungan pendidikan. Bahkan dalam setiap pembelajaran apapun akan selalu membutuhkan media pembelajaran supaya para peserta didik dan pendidik dapat menjalankan proses pembelajaran efesien dan efektif.  Adapun beberapa komponen yang masuk dalam media audio visual tersebut yaitu :
a.         Kombinasi Slide dan Suara
b.        Film Bersuara
c.         Komputer atau Laptop atau Notebook
d.        Demonstrasi dan Widiawisata
Perkembangan media pendidikan selalu menjadi bagian dari proses pembelajaran. Dimana penggunaanya merupakan bagian dari keberhasilan pemelarajaran.

B.     SARAN
              Pembelajaran menggunakan Media Audio Visual bagi peserta pendidikan yang memilki keterbatasan dalam kemampuan penyerapan pembelajaran dalam bidang Audio maupun Visual dapat membantu memahami dan menguasai materi dengan sebaiknya. Selain itu, Melalui media ini pula. Mater-materi yang dianggap rumit dapat disajikan dengan berbagai kajian yang menarik dan menyenangkan sehingga peserta didik lebih kreatif dan berinovasidengan pembelajaran baru.

   
DAFTAR PUSTAKA
  

Anderson, Ronald H. 1987. Pemilihan dan Pengembangan Media untuk Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Arsyad, Azhar. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

 Sadiman, Arief S., dkk. 2009. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers.
Suleiman, A. Hamzah. 1981. Media Audio-Visual Untuk Pengajaran, Penerangan dan Penyuluhan. Jakarta: PT Gramedia .
 

No comments: